oleh

Waspada!!! Modus Penipuan Kupon Berhadiah Kembali Beredar di Inhu

Riauperistiwa.com, – Modus penipuan yang mengatasnamakan instansi atau perusahaan salah satu produk minuman terkenal, kembali beredar dan ditemukan di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Trik yang dilancarkan para penipu itu masih menggunakan cara lama, yakni dengan cara melemparkan kupon undian berhadiah ke halaman rumah warga.

Seperti yang ditemukan Yudi (30), warga Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat ini. “Kupon ini saya temukan di halaman rumah yang terbungkus rapi dalam plastik putih,” ucapnya.

Yudi mengaku, awalnya dirinya merasa penasaran dengan bungkusan itu. Begitu dibuka, ternyata kupon berhadiah yang dipersembahkan oleh produk teh kotak. “Pas saya buka, saya langsung curiga bahwa kupon hadiah ini palsu. Begitu saya tanyakan pada tetangga lain, ternyata mereka juga menemukan kupon dalam bentuk yang sama,” terang Yudi.

Pada kupon tersebut, tertera syarat dan ketentuan pengambilan hadiah. Bahkan, si penipu itu juga mencatut nama Polda Metro Jaya dan Departemen Sosial RI. Selain itu, si penipu juga mencantumkan beberapa operator seluler, serta beberapa stasiun tv swasta yang disebut sebagai sponsor.

Tak tangung-tanggung, dalam kupon undian yang menyeret nama PT Ultrajaya Milk Industry Tbk itu, si penipu memberitahukan bahwa calon korbannya akan mendapatkan hadiah berupa 1 unit mobil Mitsubishi Expander. “Selamat kepada konsumen yang beruntung mendapatkan hadiah langsung tanpa diundi dari dalam kemasan Teh Kotak Rasa,” tulis si penipu pada kupon undian berhadiah palsu itu.

Dan untuk lebih meyakinkan korbannya, pada kupon tersebut juga ditegaskan calon pemenang dilarang menghubungi nomor lain, selain nomor layanan konsumen yang tercantum di hologram hadiah, hal itu bertujuan untuk menghindari tindak penipuan. Namun, bagi konsumen yang mendapatkan hadiah utama berupa 1 unit mobil, wajib menyelesaikan pembayaran administrasi BBN (Biaya Balik Nama) surat-surat STNK, BPKB, dan Faktur hadiah kendaraan yang didapatkan. Sedangkan untuk pajak hadiah sebesar 20 persen, ditanggung oleh PT Ultrajaya Milk Industry. Dan pembayaran administrasi harus diselesaikan terlebih dahulu melalui salah satu bank, sebelum hadiah diantar langsung ke tempat pemenang. Adapun tempat pembayaran administrasi bisa melalui Bank BRI, BNI dan Kantor Pos.

Jefri Hadi / RP

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed