oleh

UPT PKB Dishub Dumai Lakukan Pemeriksaan Fisik Kendaraan

Riauperistiwa.com, – Kepala Unit Pelayanan Terpadu-Pengujian Kenderaan Bermotor ( UPT.PKB ) Dishub Kota Dumai beserta staf lakukan rutinitas pengujian kendaraan, yang mana hal ini harus senantiasa dipantau kegiatan operasi lalu lintasnya mengingat tanggungjawab Dinas terkait memiliki peran yang berat dalam menjaga dan memelihara aset daerah yaitu infrastruktur jalan.

Guna mengetahui mendetail dan jelas tata cara pengecekan kendaraan, Riauperistiwa.com berkesempatan berbingcang -bincang dengan kepala UPT.PKB Dishub Dumai, Effendi A.Ma. P.K.B. Sembari menjelaskan, sesekali ia memberikan petunjuk dan arahan kepada anggotanya.

Petugas Dishub Dumai melakukan pengecekan mobil pickup

Diploma bidang pengujian lulusan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Tegal tersebut mengatakan, “Pertama melakukan pemeriksaan menyeluruh, mulai dari sistem penerangan, sistem suspensi, rem, mesin, transmisi hingga sistem kemudi kenderaan,” ungkapnya.

Menurutnya, ratusan item tahapan pemeriksaan harus dilakukan untuk satu pengujian kendaraan dengan mengunakan waktu berkisar 30 menit per kendaraan, dan untuk saat ini di UPT.PKB  Dinas Perhubungan Kota Dumau rata – rata 25 sampai 30 kendaraan perhari.

Menurut perkiraan awak media, kebanyakan kendaraan melakukan uji KIR adalah mobil penumpang mini bus, mobil penumpang umum, mobil bak dan mobil barang. Surat KIR akan diperbaharui setiap enam bulan sekali. Artinya, setengah tahun kedepan kendaraan tersebut akan kembali lagi.

Dasar hukum KIR dan kinerja UPT.PKB Undang -undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas  dan Angkutan Jalan Raya, aturan tersebut bertujuan agar tercipta lalu lintas dan angkutan  jalan yang aman, selamat, tertib, lancar dan terpadu. Tewujudnya etika lalu lintas dan budaya bangsa serta penegakan dan kepastian hukum yang berkeadilan bagi semua orang terutama masyarakat kota Dumai. (ZA/RP)

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 komentar

News Feed