oleh

” Tidak Terbukti Ada Limbah B3 Kubur Saya Disitu Hidup – Hidup, Seandainya Ada, Gantian Siapa Yang Mau Dikubur.” Klaim Ricky Galung

Riauperistiwa.com Dumai Santernya berita, ada dugaan penimbunan limbah B3 di areal Kilang Minyak Putri Tujuh oleh PT. Pertamina (Persero) RU ll Dumai, pertama kali muncul di media online Infestigasi.com Selasa, (30/07/2019) dengan judul Pertamina RU ll di Duga Timbun Limbah B3 di Areal X (Sepuluh). Adalah seorang Ricky Galung, menyatakan kejadian itu memang ada dan pernah terjadi, karena saat itu ia bekerja sebagai mandor di lokasi dimaksud, ternyata pemberitaan tersebut mendapat perhatian berbagai pihak, salah satunya aktifis kampus yang tergabung di dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Dumai.

Rabu, (24/08/2019) HMI datangi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai terkait pemberitaan tersebut, dan penyampaian aspirasi tersebut berlangsung tertib dan kondusif. Meski mendapat pengawalan pihak Polres Dumai, terlihat ada sekitar 50 personel berseragam lengkap dengan kendaraan taktis dan water canon.

Ketika di konfirmasi langsung kepada Ricky Galung Kamis, (22/08/19) terkait tindakan aktifis kampus yang bergabung dalam HMI di picu pemberitaan yang dibuatnya, dengan santai ia menjawab” Saya dukung Adek – Adek mahasiswa dari HMI untuk mengusut tuntas persoalan ini, dan jika perlu ia siap menjadi saksi dan menunjukkan lokasi di maksud, karena saat itu ia tahu persis kejadian sebenarnya.” ujar Ricky.

Sebagaimana isi pemberitaan Infestigasi.com, yang di ungkap Ricky, saat itu ia bekerja di areal X (Sepuluh) tempat di mana dugaan penimbunan limbah terjadi, dan jabatannya saat itu sebagai mandor. Selanjutnya Ricky yang juga pemilik media Infestigasi.com berkata” Jika terbukti tidak ada penimbunan limbah B3 di areal X (Sepuluh), ia siap dikubur hidup-hidup di situ, akan tetapi jika terbukti memang ada linbahnya, ayo siapa yang mau di kubur.” ujarnya sembari tertawa, seakan – akan memberi tantangan kepada siapapun juga yang meragukan pengakuannya.

Menyikapi persoalan limbah B3 tentu tidak boleh di anggap sepele, harus di sikapi dengan serius dan semestinya menjadi perhatian semua pihak karena menyangkut lingkungan. Apalagi tudingan di alamatkan kepada PT. Pertamina (Persero) RU ll Dumai, sebagai salah satu BUMN terbesar yang selama ini dikenal dengan konsep ekplorasi dan pembangunan yang ramah akan lingkungan.*

Penulis : Zainal Arifin

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed