oleh

Ternyata! Begini Cara Mengecek Daftar Pemilih Tetap Di Internet

Riauperistiwa.com, – Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan digelar serentak pada 17 April 2019 mendatang. Sebagai warga negara yang baik, siapa pun kita yang memiliki hak pilih tentu mesti menggunakannya. Jangan ikut Golput alias golong putih (tidak menggunakan hak pilih).

Namun demikian, agar dapat menggunakan hak pilih tersebut, salah satu syaratnya pastikan bahwa nama kita termasuk salah satu dari sekitar 186 juta calon pemilih Pemilu serentak 2019 yang terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap). Bagaimana caranya untuk mengecek sudah terdaftar atau belum? Silahkan klik https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Untuk mengeceknya, bisa menggunakan smartphone yang kita miliki. Syaratnya, tentu harus ada paket internetnya. Kemudian masukkan nama Anda sesuai nama dalam KTP (Kartu Tanda Penduduk) serta NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebanyak 16 digit dengan benar. Setelah itu klik kata ‘cari’.

Jika sudah terdaftar dalam DPT, maka dalam tampilan layar akan muncul nama kita beserta jenis kelamin, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan serta TPS (Tempat Pemungutan Suara) dimana nantinya kita akan menggunakan hak pilih pada Pemilu serentak 2019.

Sementara jika belum terdaftar setelah nama dan NIK kita dimasukkan, maka akan dijawab secara otomatis. Adapun kalimat yang bakal muncul dalam tampilan layar, “Alert! (Waspada). Anda belum terdaftar atau kombinasi dan NIK salah.”

Lantas apa solusinya bagi kita yang belum terdaftar? Solusi yang diberikan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis Elmiawati Safarina. “Jika belum, hubungi PPS (Panitia Pemungutan Suara), PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) atau KPU setempat untuk didaftarkan sebagai Pemilih di Pemilu serentak 2019. Jangan lupa bawa KK (Kartu Keluarga) dan KTP”, ujar Elsa, begitu Elmiawati Safarina akrab disapa, Ahad, 7 Oktober 2018.

Ingat! Meskipun hanya satu suara, suara kita juga ikut menentukan “warna” dan perjalanan bangsa dan negara ini.
Untuk itu, ayo cek nama kita secepatnya dan proaktif. Sudah terdaftar di DPT untuk pemilih pada Pemilu Serentak 2019 atau belum? Bila belum, segera daftarkan.

Ismail / RP

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed