oleh

Stop “HOAX”, BNPB Klarifikasi Terkait Letusan Gunung Soputan

Riauperistiwa.com, – Gunung Soputan mengalami meletus Rabu pagi sekira pukul 08.47 WIB, dengan menghadirkan kolom abu vulkanik setinggi 4.000 meter.

Terkait letusan Gunung Soputan ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat aplitudo maksimum 39 mmm dengan durasi sekitar 6 menit. PVMBG juga menyatakan, warga belum perlu mengungsi terkait letusan Gunung Soputan ini.

“Gunung Soputan di Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara meletus pada 3/10/2018 pukul 08.47 WITA. Tinggi kolom abu vulkanik 4.000 meter mengarah ke barat laut. PVMBG mencatat amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit. Belum ada perlu pengungsian.”

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho yang mendapatkan info-info hoaks itu langsung mengingatkan warga untuk tidak percaya dengan info hoaxs. Diharapkan kepada masyarakat untuk menyaring lagi berita yang tersebar di media sosial terkait meletusnya Gunung Soputan. Selain itu PVMBG menghimbau agar tidak membantu menyebarkan berita hoax ini di jejaring sosial.

“Ini bukan letusan Gunung Soputan. Foto ini HOAX. Foto ini rekayasa yang pernah juga disebarkan sebagai letusan Gunung Sinabung tahun 2014. Jangan ikut menyebarkan. Buang saja karena hoax.” tulis Sutopo di akun resminya.

nandarson / RP

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed