oleh

PT. ESM Diduga Membuang Limbah Dengan Sengaja Menanam Pipa Pembuangan Limbah

Riauperistiwa.com, – Kerusakan ekosistem pesisir kota Dumai terus menjadi perhatian serius dari semua pihak. Hal itu disebabkan puluhan industri tertancap megah berbaris rapi menjadi penghuni tetap disepanjang pesiar kota Dumai. Kali ini kembali salah satu perusahan industri pengolah berbahan baku minyak kelapa sawit mendapat sorotan terkait persoalan lingkungan kemaritiman dan pesisir.

PT Energi Sejahtera Mas (ESM) Lubug Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan kali ini diduga membuang limbah ke laut. Terlihat dengan jelas melalui sebuah pipa yang berasal dari dalam PT ESM menuju bibir pantai. Pipa itu terlihat mengeluarkan cairan kemerahan diduga limbah cair.

Belum diketahui jenis cairan terkontaminasi ke air laut tersebut. Menejemen Hr Site Menejer PT ESM Arif Setiono seolah tak bersalah terkait kondisi yang berasal dari sisa hasil produksi mereka.

Dikonfirmasi secara resmi, Arif enggan menjawab ketika ditanyakan terkait cairan tak biasa yang keluar dari pipa pembuangan ke laut tersebut. Ketika dihubungi melalui telpon ia mengaku sedang Metting.

Upaya konfirmasi juga dilakukan melalui pesan Whatsapp seluler miliknya. Enggan memberikan keterangan terkait cairan diduga limbah dibuang kelaut.

Pantauan langsung, pipa tersebut tepat ditepi laut, pipa yang mengarah kelaut itu berada diantara turap dan batu – batu. Jika dilihat dari arah laut posisi pipa itu berada di tanki T-1112.

Sesuai ketentuan membuang limbah dengan sengaja atau terjadinya pencemaran yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan merupakan tindak pidana yang telah diatur didalam UU 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UU PPLH)

RP

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed