oleh

Program TOSS Akan Diterapkan di Rokan Hulu

Riauperistiwa.com, – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hulu, saat ini tengah mengembangkan salah satu konsep yang bisa mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Rokan Hulu yang diberi nama Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS). Bentuk keseriusannya, DLH bersama Sekolah Tinggi Tekhnik (STT) PLN akan gelar sosialisasi kepada Kepala Desa (Kades) program TOSS di Hotel Sapadia Pasir Pangaraian, Kamis (15/8/2018).

Sekretaris DLH Rokan Hulu Jhoni Muchtar menjelaskan, “selama ini sampah dilihat sebagai hal yang bermasalah dan menjadi momok di masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan upaya untuk mengubah pola pikir masyarakat terhadap sampah. Dengan program TOSS ini, sampah tidak lagi menjadi momok tapi menjadi berkah dan menjadi salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu, tujuan akhirnya akan mengurangi volume sampah yang besar. Bahkan ada satu daerah yang tidak mempunyai TPA tidak perlu khawatir karena sampah sudah diolah di TOSS. Kedepannya, mau tidak mau sampah harus jadi program prioritas. Karena ini jadi masalah hari demi hari. kita ingin sampah tidak lagi menjadi masalah tapi bisa membawa berkah.”

Terkait hal ini, Arif tim dari STT PLN menyatakan, bahwa konsep TOSS tersebut adalah bagian dari gerakan listrik kerakyatan. Fokus program tersebut bagi daerah yang memiliki masalah sampah dan belum tersentuh layanan listrik negara. Biaya untuk membangun perangkat TOSS di pedesaan cukup terjangkau, tidak lebih dari 200 juta Rupiah. Kemudian, listrik yang dihasilkan akan disalurkan melalui jaringan PLN dan bisa menjadi subsidi bagi Tarif Dasar Listrik ( TDL) yang saat ini semakin mahal.

Tambahnya, biaya untuk membangun perangkat TOSS di pedesaan cukup terjangkau tidak lebih dari Rp200 juta. Kemudian, nantinya listik yang dihasilkan akan disalurkan melalui jaringan PLN dan bisa menjadi subsidi bagi Tarif Dasar Listik (TDL) yang saat ini semakin mahal. Agar invoasi itu bisa diimpelentasikan, Arif berharap dukungan dari Pemerintah daerah khususnya Pemab Rokan Hulu, sehingga konsep TOSS ini dapat berjalan dan diterapkan seluruh desa di Rokan Hulu.

Ary / RP

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed