oleh

Program KLHK PROPER dan SIPONGI Raih Predikat lnovasi Pelayanan Publik Terbaik Serta di Akui Dunia lnternasional

Riauperistiwa.com Jakarta Ungkapan kegembiraan dan rasa syukur Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya atas prestasi dan penghargaan yang di dapat oleh Kementerian yang di pimpinnya “Alhamdulilah inovasi dari KLHK, PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan) dan SIPONGI (Sistem Informasi Deteksi Dini Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Berbasis Web) menjadi dua dari 45 Inovasi Pelayanan Publik terbaik tahun 2019 dengan menyisihkan sekitar 3.156 pendaftar dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun ini.

Menteri LHK Memegang Dua Trophi Yang di Raihnya
Menteri LHK Memegang Dua Trophi Yang di Raihnya

SIPONGI menjadi salah satu andalan informasi akurat bagi tim pemadam Karhutla di lapangan. Dulunya laporan hotspot dilakukan secara manual, namun sekarang menjadi terotomatisasi dengan sumber datanya, yaitu dari Terra Aqua (NASA), Terra Aqua (LAPAN), SNPP (LAPAN) dan NOAA (ASMC) serta data cuaca dari BMKG. Datanya diselaraskan setiap 30 menit, sehingga data hotspot yang dihasilkan aktual (near-real-time/ mendekati waktu sesungguhnya).

Tantangan Karhutla sampai hari ini masih sangat besar, saya terus mengikuti perkembangan di lapangan, kerja terpadu pemadaman dan pemanfaatan tekhnologi modifikasi cuaca, sangat membantu tim yang berjibaku di garda terdepan, selain tentunya penegakan hukum yang terus berjalan. Semoga Allah SWT meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan.

Sedangkan PROPER merupakan sistem penilaian kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. PROPER telah berjalan dan diterima dengan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Di berbagai daerah PROPER diadopsi dengan nama PROPERDA. Di tingkat nasional, PROPER digunakan oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk menilai risiko pemberian kredit perbankan.

Dan pada tingkat dunia, China, India, dan Ghana mengadopsi PROPER sebagai instrumen pelaksanaan penaatan. World Bank pada tahun 2011 dalam terbitan Research Working Paper World Bank menyatakan PROPER merupakan Pionir di Asia. Selain dua inovasi di atas, SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu) juga meraih penghargaan sebagai inovasi yang ikut dilombakan di tingkat internasional yaitu pada kompetisi United Nation Public Service Award 2019.

Terimakasih pada Bapak Wapres Jusuf Kalla, juga terimakasih pada KemenPAN-RB. Terimakasih pada seluruh jajaran KLHK. Terus berkarya, bekerja keras, dan temukan inovasi-inovasi terbaik bagi Bangsa. Saya juga ucapkan selamat bagi para peraih inovasi terbaik dari berbagai instansi pemerintah, baik kementerian, lembaga, pemerintah daerah, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mari kita terus berikan yang terbaik bagi INDONESIA tercinta,” ungkapnya di depan awak media beberapa waktu lalu.*

Sumber : Kementerian LHK
Editor : Arnawadi

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed