oleh

PIMRED IKUT BICARA : Ini Lho Rupanya, Kenapa TNI Disayangi Rakyat lndonesia

Dumai (Riauperistiwa.com) – Fakta dan tidak menjadi rahasia lagi, TNI adalah lnstitusi paling dicintai dan disayangi segenap Rakyat lndonesia, tentu ada beberapa indikator menjadi pertimbangan dan alasan sehingga hal demikian terjadi. Karena tidak gampang membentuk mindset atau pola pikir masyarakat agar disukai dan dicintai, ditengah kemajemukan dan keberagaman yang begitu luas.

Tentu sangat layak diapresiasi, sementara pihak lain berlomba membuat pencitraan agar terlihat baik, namun tetap saja tidak mendapatkan stigma positip dari masyarakat. TNI menjadi garda terdepan dalam upaya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik lndonesia (NKRI), semua itu harga mati apapun siap dikorbankan meski nyawa sekalipun taruhannya, demi Ibu Pertiwi bagi TNI itu pasti.

Salah satu faktor kenapa TNI disayang rakyat ternyata adalah program (TMMD) TNI Manunggal Membangun Desa, sebuah program nyata bahwa TNI memang benar-benar mencintai rakyatnya. Kata Manunggal yang bermakna “Menjadi Satu Dalam Tingkah dan Laku” tidak sekadar slogan dan pepesan kosong belaka, bersama rakyat TNI kuat, kekuatan TNI yang sejati adalah pada rakyat, adanya TNI karena rakyat, rakyat sejahtera TNI akan kuat, tentunya Negara juga kuat.

Kembali kepada yang namanya TMMD, wujud kedekatan TNI dan rakyatnya seakan tak berjarak dan berbatas, satu roh dan jiwa, TMMD pertama tercetus pada tahun 1980, dan kala itu masih diberi nama (AMD) ABRI Masuk Desa. Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di Daerah Pedesaan, sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan sehingga selaras dengan program Pemerintah Daerah (Pemda). Dalam programnya dilaksanakan dengan terintegrasi bersama masyarakat, guna peningkatan akselerasi pembangunan di Daerah Pedesaan.

Dasar hukum penyelengaraan TMMD antara lain, UU/34/2004 tentang TNI, UU/11/2009 tentang Kesejahteraan Sosial, UU/32/2004 tentang Pemerintah Daerah, Perpres RI/7/2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2005-2009 dan Surat Mendagri tentang Penyusunan Anggaran APBD Untuk Program TMMD dan SK Menhumkam/Pangab tentang Pengesahan Buku Pola Dasar Kontribusi Kemanunggalan TNI dan Rakyat dan Pola Operasional TNI, ABRI Masuk Desa.

Tahun ini Kodim 0320 Dumai dibawah Komando Letkol (Inf) lrdhan, SE. MM melaksanakan TMMD ke 107 di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai dan melibatkan personel TNI terdiri dari, Posko Satgas 15 orang, Tim Asistensi 25 orang, dan SSK TMMD 110 orang, serta personil pendukung dari masyarakat sekitar 100 orang. Anggaran yang digelontorkan Rp. 475,5 juta dari Komando Atas dan Rp. 2,3 Miliar dari Dana Hibah Pemko Dumai, anggaran tersebut dialokasikan untuk 8 sasaran kegiatan fisik dan ditambah sasaran non fisik, berupa penyuluhan dan sosialisasi.***(Zainal Arifin/Didin Marican)

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed