oleh

Pencak Silat Sayyidina Siap Berikan Warisan Budaya Melayu, Guspian : Mari Dukung Generasi Bangsa

Perjalanan penetapan pencak silat sebagai salah satu Warisan Budaya di Kota Dumai merupakan perjalanan panjang dan penuh tantangan.

Dimana Pencak Silat yang ada di kota dumai banyak yang kurang aktif, dikarnakan, minimnya perhatian dari pemerintah Kota Dumai.

Melihat situasi hari ini, Pengurus cabang Pencak silat Sayyidina Kota Dumai yang telah berdiri sejak 2014 lalu hingga sekarang terus melakukan dan memberikan warisan pencak silat ini kepada putra-putri yang ada di Kota Dumai.

Pengurus cabang pencak silat sayyidina ini terus berupaya untuk menghidupkan budaya pencak silat di Kota dumai, Sehingga warisan budaya seperti pencak silat ini tidak mati total dari pandangan publik.

Raja Alimin sebagai Ketua Pencak Silat Sayyidina Kota Dumai mengatakan pencak silat sayyidina hadir sejak 2014, kehadiran pencak silat sayyidina ini untuk menghidupan warisan budaya melayu yang ada di Kota Dumai.

“Alhamdulillah, sejak lahirnya pencak silat kita sudah membuka 2 cabang untuk latihan, pertama ada di jalan Jalan Cut nyakdien Gg. Pelajar Kelurahan Purnama serta di jalan Wanzein perumahan sunaryo,”Katanya kepada media ini.

Dijelaskan Alimin, Pencak silat sayyidina yang sudah berjalan hingga sekarang ini sudah mendapatkan murid sebanyak 60 orang.

“Murid pencak silat sayyidina ini sudah 60 orang,murid -murid yang ada di pencak silat ini dari bermacam-macam suku dan agama, kami tidak ada membeda-beda kan murid, yang jelas tujuan kita adalah menghidupkan warisan budaya kita, yaitu budaya melayu yang ada di Kota Dumai,”Jelasnya.

Tidak hanya itu saja, Perguruan pencak silat sayyidina pun sudah pernah menunjukkan hasil silatnya seperti di event Hut Kota Dumai, acara pernikahan serta acara even-even lainnya.

“Jika ada event pertandingan, kita siap hadir apabila kita diundang, dan kita siap mengikuti event-event di kota dumai hingga ke even tingkan nasional,”Ungkapnya.

Disisi Lain, Dewan penasihat pengurus pencak silat sayyidina Cabang Kota Dumai, Guspian mengatakan dengan adanya pencak silat ini merupakan kegiatan yang baik, sehingga anak-anak atau penerus bangsa hari ini bisa melakukan hal yang positif serta bisa memiliki warisan budaya melayu yang ada di kota dumai seperti pencak silat sayyidina.

“Saya berharap kepada seluruh elemen serta pemerintah Kota Dumai agar bisa membantu dan menghidupkan warisan budaya pencak silat sayyidina ini, sehingga pencak silat kita bisa membawa nama kota dumai menjadi kebanggan bagi masyarakat kita,”Pungkasnya.

Berikut Daftar Susunan Pengurus Silat Sayyidina Kota Dumai :

– Dewan Penasihat : Guspian.
– Dewan Guru : Bambamg Winarto.

– Pelatih Perguruan Pencak Silat Sayyidina (PPSS) di Jalan Wanzein Perumahan Sunaryo :

1. Arfan
2. Aron Muliyadi Simanjuntak
3. Sayyidina Ilham (Nanda)

– Pelatih Cabang Perguruan Pencak Silat Sayyidina (PPSS) Di Purnama :

1. Raja Mustari
2. Yoga Andrean Kholid
3. M. Riffky
4. Nelvita
5. Dea Angelina

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed