oleh

Pelimpahan Berkas Tipikor Hibah Bengkalis ke Kejati Riau

Riauperistiwa.com, – Jaksa Peneliti pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau menerima pelimpahan berkas dalam penyidikan dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dana Hibah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis tahun 2012. Jaksa menerima pelimpahan berkas ini dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau atas petunjuk atau berkas P19 jaksa yang terlebih dulu diserahkan ke penyidik.

Berkas perkara yang diserahkan kepada jaksa peneliti tersebut untuk tersangka Yudhi Veryantoro dan Suhendri Asnan. Keduanya adalah anggota DPRD Bengkalis periode 2009-2014. Sebelumnya, penetapan dua orang tersangka itu dilakukan berdasarkan penyidikan baru yang dilakukan penyidik Subdit III Dit Reskrimsus Polda Riau. Hal ini dilakukan berdasarkan pengembangan perkara sebelumnya yang telah menjerat 8 orang sebagai pesakitan. Mereka juga telah dihadapkan ke persidangan dan dinyatakan bersalah.

Sejumlah terpidana yang telah dijebloskan ke penjara itu, adalah mantan Ketua DPRD Bengkalis, Jamal Abdillah. Tersangka lainnya, yang merupakan mantan anggota DPRD Bengkalis periode 2009-2014, yakni Purboyo, Hidayat Tagor, Rismayeni dan Muhammad Tarmizi. Selain itu, juga terdapat nama mantan Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh, dan Azrafiani Aziz Rauf selaku Kabag Keuangan Pemkab Bengkalis. Terakhir, Ketua DPRD Bengkalis periode 2014-2019, Heru Wahyudi.

Sementara, atas pelimpahan tahap I untuk dua orang tersangka Yudhi Veryantoro dan Suhendri Asnan, jaksa akan meneliti berkasnya, jika sudah dinyatakan lengkap, maka akan dilakukan pelimpahan tahap II untuk penyusunan dakwaan.

Dugaan Tipikor ini telah menyebabkan kerugian negara senilai Rp31.357.740.000. Jumlah ini terungkap dalam sidang perdana terdakwa Jamal Abdillah kala itu. Dugaan Tipikor anggaran Hibah ini dilakukan secara berjemaah oleh oknum anggota legislatif DPRD Bengkalis kala itu. Pemberian alokasi dana Hibah dilakukan tidak sesuai ketentuan kepada kelompok yang bukan berhak penerima, serta dilakukan juga pemotongan pemberian Hibah.

Ilham Yafiz / RP

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed