oleh

Muncul Desakan Mbah Parto Lanjutkan Cita-Cita Mulia Almarhum Eko Suharjo

Dumai (Riauperistiwa.com) – Pasca meninggalnya Eko Suharjo bermunculan dukungan terhadap Soeparto atau akrab disapa Mbah Parto untuk melanjutkan cita-cita mulia seorang Eko Suharjo. Menurut pendapat mereka, Mbah Parto adalah sosok yang tepat sekali, terlebih beliau bukan orang asing melainkan ayah kandung dari Almarhum Eko Suharjo sendiri. Selain sebagai orang tua, Mbah Parto selama ini dijadikan panutan, tauladan bahkan sekaligus guru terbaik bagi Almarhum Eko semasa hidupnya.

Sehingga tidak heran apabila muncul keinginan dan desakan beberapa elemen masyarakat, agar Mbah Parto mendampingi Syarifah di Pilkada Dumai 2020 ini. Mereka beranggapan Mbah Parto bisa menunaikan janji-janji mulia Eko Suharjo terhadap tanah kelahirannya, karena jiwa dan kepribadian mereka berdua tidak jauh berbeda. Mbah Parto dikenal sebagai sesepuh atau tokoh Jawa yang berjiwa dermawan, dan telah banyak berbuat untuk masyarakat Dumai.

Desakan dan dukungan terhadap Mbah Parto seperti diutarakan warga Tanjung Palas, Sondang “Saya berharap Mbah Parto tampil bersama Syarifah melanjutkan cita-cita Almarhum Eko Suharjo karena figurnya tidak asing lagi, selain itu kedermawanan beliau sudah terbukti, selama ini sudah banyak berbuat bagi masyarakat Dumai”. ungkapnya ke awak media, Minggu (29/11/2020).

Hari yang sama, hal senada dikatakan seorang lbu Rumah Tangga (IRT), Marni “Lebih bagus Mbah Parto melanjutkan mimpi besar Eko bersama Syarifah, karena sekarang hanya Mbah yang bisa dijadikan pengayom dan pemersatu relawan dan simpatisan Paslon 02. Yang saya katakan ini rasanya tidak mustahil dan berlebihan, malahan saya berkeyakinan banyak pihak mendukung, dan berharap hal itu terjadi”. ujar Marni.

Sebagaimana diketahui Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo dan salah satu kontestan Calon Walikota Dumai pada Pilkada tahun 2020 meninggal Dunia beberapa hari lalu di RS Awal Bros Panam Pekan Baru, Eko Suharjo dinyatakan meninggal pada Rabu dinihari (25/11/2020) sekira Pukul 02.15 WIB. Terkait status Eko sebagai Calon Walikota Dumai, Komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Provinsi Riau Nugroho Notosusanto menjelaskan proses pemilihan tetap berjalan sesuai rencana.

Karena mengacu UU Nomor 10 tahun 2015 tentang Pilkada pasal 54 ayat 7 dan 8, dan PKPU Nomor 1 Tahun 2020 pasal 79 ayat 2 huruf b bagi calon yang meninggal Dunia dalam waktu kurang dari 30 hari sebelum pemungutan suara maka tidak dilakukan penggantian calon. Selanjutnya Komisioner KPU Dumai, melalui ketuanya Darwis S. Ag kepada awak media juga menyatakan hal yang sama, proses Pilkada Dumai berjalan sesuai rencana dan tidak ada perubahan.

Sosok Almarhum Eko Suharjo merupakan Wakil Walikota Dumai periode 2016-2021 sekaligus Ketua DPC Demokrat Kota Dumai. Sebelum meninggal Eko Suharjo berpasangan dengan Syarifah kader Partai Golkar, Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai, nomor urut 02 ini didukung Koalisi tiga Partai Politik, yaitu Partai Demokrat, Golkar dan Hanura.***(RPC)



Penulis : Zainal Arifin
Editor : Didin Marican

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed