oleh

Lagi dan Lagi, Kebakaran Lahan dan Hutan di Rokan Hulu, Riau

Riauperistiwa.com, – Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla), kembali terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau. Kali ini, sekitar 20 hektar kawasan hutan Bukit Suligi yang terletak di areal Kulim, Desa Sei Kuning, Kecamatan Tandun, terbakar pada Sabtu, 18 Agustus 2018 sekira pukul 17.30 WIB.

Informasi disampaikan Humas Koramil 02/Rambah Koptu menyebutkan, titik koordinat 0°29`30″,100°37`38″,317, 0m, kondisi lahan yang terbakar merupakan bekas imas tumbang dan semak yang telah mengering. Belum diketahui darimana asal api dan siapa pemilik lahan yang terbakar. Namun, tim penanggulangan Karlahut yang terdiri dari unsur Polri yakni dari Polsek Tandun, unsur TNI, MPA, BPBD, masyarakat, Manggala Agni dan Tim Damkar, berjibaku memadamkan api.

“Kondisi tanah kering dengan jenis tanah mineral. Saat kebakaran cuaca sedang panas. Sementara petugas kesulitan karena tidak ada sumber air. Ditambah lagi tiupan angin cukup kencang dan medan lokasi berbukit,” kata seorang petugas Tim Karlahut.

Petugas cukup kesulitan memadamkan api, karena tidak bisa menggunakan mesin air robin biasa dan hanya bisa dipadamkan dengan menggunakan Water Bomming (WB).

“Jika tidak dibantu dengan hujan (WB), api akan terus menjalar dan dapat membakar tanaman kelapa sawit masyarakat di sekitar TKP sebab tidak ada sumber air dan lokasi berbukit yang hanya bisa ditempuh sepeda motor,” ungkap petugas.
fah / RP

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed