oleh

Jelang Idul Adha, Kebutuhan Hewan Kurba Meningkat 5%

Riauperistiwa.com, – Dinas Peternakan dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru mengingatkan masyarakat yang hendak berkurban untuk lebih berhati-hati dalam memilih hewan kurban. Untuk itu, Distankan menyarankan para pembeli terlebih dahulu menanyakan Surat Kesehatan Hewan (keswan) kurban tersebut.

“Jika pedagang atau peternak bisa menunjukkan Surat Kesehatan Hewan yang dikeluarkan dinas terkait, maka hewan yang dijualnya sudah melalui proses pemeriksaan oleh dinas. Tanyakan saja, karena ini penting untuk memastikan kesehatan hewan yang akan kita beli,” kata Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Pekanbaru, Firdaus, Ahad (19/8/2018).

Tidak hanya itu saja, bagi masyarakat yang akan membeli hewan kurban ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Diantaranya dengan mengecek ciri-ciri fisik dari hewan tersebut. Mulai dari kaki, mata dan telinga serta postur tubuhnya.

Sebelumnya, Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Pekanbaru memprediksi kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha mencapai 9.914 ekor. Bahkan, kebutuhan hewan kurban ini meningkat hingga 5 persen jika dibandingkan tahun 2017 lalu. “Tahun ini kebutuhannya meningkat 5 persen jika dibandingkan dari tahun lalu yang hanya mencapai 9.556 ekor hewan kurban,” kata Kabid Peternakan, Riyantoni.

Riyantoni menyebutkan, dari seluruh prediksi kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru, hewan dengan jenis sapi masih menjadi yang terbanyak dibandingkan hewan kurban lainnya. “Sapi masih yang terbanyak, diprediksi mencapai 6.000 ekor untuk tahun ini. Sementara untuk kambing kebutuhannya diprediksi mencapai 2.126 ekor, kerbau 1.783 ekor dan domba 5 ekor,” pungkasnya.

Kholik Aprianto / RP

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed