oleh

ICW Korda Dumai Siap Kawal Proses Persidangan Perkara Mantan Walikota Dumai

Dumai (Riauperistiwa.com) – Untuk pertama kalinya sidang dugaan perkara gratifikasi yang menimpa mantan Walikota Dumai Zulkifli Adnan Singkah (ZAS) di sidangkan. Sidangnya sendiri di laksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Pekan Baru berdasarkan Berkas Pelimpahan dari Komisi Penyidikan Korupsi (KPK) ke PN Pekan Baru. Nomor: B-185/TUT/01/10/24/03/2021, dengan Nomor Perkara: 15/Pidsus-TPK/2021/PN Pbr.

Salah satu Lembaga penggiat Anti Korupsi, lndonesian Corupption Wacth (ICW) siap mengawal jalannya sidang perkara tersebut. Hal itu seperti di sampaikan Koordinator Daerah (Korda) Dumai, Kurnia kepada media ini Rabu (07/04/2021) di Sekretariat Komite Repormasi Masyarakat Dumai (KRMD).

Sebagai penggiat Anti Korupsi, ia menilai kasus ini sangat menarik untuk diikuti sebab banyak yang terkait sebagai saksi. Baik dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Dumai (Pemko) maupun dari swasta. Seperti diketahui saksi-saksi tersebut telah berulang kali di panggil Penyidik KPK untuk di mintai keterangan.

Keterlibatan saksi saksi tersebut apakah hanya sebatas biasa, saksi memberatkan atau saksi meringankan terdakwa ZAS. Atau apakah saksi yang diduga ikut bersama-sama dengan terdakwa ZAS dalam melakukan perbuatan melawan hukum atau saksi yang kebetulan menerima aliran bantuan dana kegiatan diluar proyek dan bantuan tidak mengikat. Nama-nama saksi dalam Tindak Pidana  Korupsi (Tipikor) juga telah dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

”Kita akan pantau sejauh mana peran saksi, apakah saksi ikut bersama sama dengan terdakwa melakukan kejahatan melawan hukum yaitu Tipikor. Jika ada indikasi saksi berjamaah dengan terdakwa dan dengan sengaja melawan hukum melakukan tindak Korupsi, kami meminta kepada JPU agar menyeret para saksi yang terlibat langsung”. ungkap pria dikenal kritis tersebut.

Lanjutnya pula “Agar ada efek jera, sehingga siapapun dan dengan dalih apapun akan berpikir ulang untuk melakukannya. Kita ingin pejabat Pemerintah di Lingkup Pemko Dumai kedepannya lebih baik, serta jalannya roda Pemerintahan yang bersih atau Good Goverment”. pungkasnya.***(RPC)

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed