oleh

HJ Yanti Komalasari Anggota DPRD Provinsi Riau Gencar Turun Lapangan Demi Mendengar Langsung Aspirasi Warga

Dumai (Riauperistiwa.com) – Diberitakan sebelumnya Hj Yanti Komalasari Anggota DPRD Provinsi Riau bersilaturahmi dengan warga RT 08 Sukadamai Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan. Pertemuan Wakil Rakyat dari Komisi ll beberapa waktu lalu, tepatnya Jumat (19/02/2020) bertempat di kediaman Ketua RT 08 Sulaiman berjalan lancar, tertib dan tanpa kendala.

Hj Yanti Komalasari Anggota Dewan Provinsi dari Fraksi Partai Golkar pada pertemuan tersebut menampung aspirasi warga RT 08 sekitarnya. Salah satunya aspirasi disampaikan adalah pengerukan Sungai Masjid yang melalui dan menghubungkan dua daerah yaitu Sukadamai dan Parit Pisang Mas. Disebabkan beberapa waktu lalu saat musim penghujan di daerah ini pernah terjadi banjir hampir enam bulan lamanya. Akibat sungai mengecil dan terjadinya pendangkalan, sehingga air melambat mengalir kelaut, karena itu pengerukan sungai sesuatu yang bersipat mendesak.

Bersama Poktan Subur Mandiri Kel Bukit Timah, Kec Dumai Selatan.

“Pengerukan sungai di Sukadamai ini memang sangat bersifat penting, memang saat kemarau seperti ini tidak nampak efeknya, namun jika musim hujan tiba maka sungai ini sangat kami harapkan, namun karena terjadinya pendangkalan sungai ini pun terkadang tak mampu lagi menahan curah hujan yang datang, imbasnya tentu saja daratan jadi kebanjiran, dan kami sangat berterimakasih karena keinginan kami untuk menormalisasi sungai ini didengar,” ujar Ketua RT 08 Sulaiman kala itu.

Tidak sampai Sebulan hanya dalam hitungan Minggu, kali ini Selasa (02/03/2020) Hj Yanti Komalasari kembali kunjungi warga untuk Bersilaturahmi, tentunya seraya mendengar aspirasi dan keinginan warga. Kali ini warga yang mendapat kunjungan adalah Kelompok Tani (Poktan) Subur Mandiri di Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan. Saat menyampaikan kata sambutan, Hj Yanti mengaku sangat senang, karena bisa dekat dan bisa mendengar keluhan para petani secara langsung, ia juga turut menyampaikan bahwa ia siap membantu kebutuhan dari Poktan Subur Mandiri.

“Alhamdulillah, saya sangat senang berada di sini, yang mana saya bisa secara langsung mendengarkan keluhan dari bapak dan ibu sekalian, dengan apa yang ada saat ini, saya siap membantu memfasilitasi kebutuhan Poktan Subur Mandiri. Potensi pertanian di Dumai sangat baik, sebagai contoh bahwa pertanian Dumai sudah berhasil memanenkan beberapa komoditi seperti, Cabe, Kelapa dan Bawang Merah dan lainnya. Sudah saatnya petani Dumai maju dan sudah saatnya Dumai bisa mandiri dalam mengelola dan mengembangkan beberapa komoditi dasar untuk kebutuhan hidup,” sampainya.

Hj Yanti juga turut menyoroti beberapa lahan tidur di Kota Dumai, anggota Dewan Provinsi Riau ini juga siap memfasilitasi para petani untuk memanfaatkan lahan tidur tersebut. Secara sukarela ia juga menawarkan beberapa lahan yang ia miliki untuk dikelola para petani yang tergabung dalam Poktan Subur Mandiri untuk dimanfaatkan. Secara kebetulan pula lahan pribadi miliknya berlokasi tidak jauh dari pemukiman petani yang tergabung dalam Poktan tadi.

“Di Dumai ini, banyak lahan tidur atau lahan yang belum sempat dikelola oleh Pemerintah Daerah, jika memang ini dibutuhkan, saya akan sampaikan kepada pemerintah untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, Jika bapak dan ibu membutuhkan lahan lagi, silahkan kelola lahan yang saya miliki, kebetulan lahan tersebut ada di daerah sini, kelolalah dengan baik, semoga bisa bermanfaat untuk kita,” terangnya.

Dali selaku Ketua Poktan Subur Mandiri yang turut didampingi oleh Sekretaris Iwan Nst mengaku sangat senang dengan kehadiran Hj Yanti. Poktan yang sudah memiliki puluhan anggota ini juga turut meminta agar, sektor pertanian lebih diperhatikan, hal ini tentu saja dikarenakan sektor pertanian menjadi salah satu ujung tombak untuk kebutuhan hidup.

“Terimakasih kepada ibu Yanti Komalasari yang sudah sudi hadir ke sini, kami sangat senang dengan kehadiran ibu, kami dari Poktan Subur Mandiri yang memiliki anggota sekitar 23 orang dan sudah mengelola lebih kurang 10 hektare lahan, meminta agar bisa diperhatikan, tentu saja agar kebutuhan hidup sehari-hari yang kita butuhkan bisa tercapai, terkhusus untuk Poktan Subur Mandiri yang berdiri sejak 2013 yang lalu sudah banyak memanen hasil kebun yang terdiri dari beberapa jenis sayuran, jeruk kasturi, jagung sayur dan beberapa komoditi lainnya,” Tutur Dali, di Amini lwan Nst.

Hj Yanti dalam waktu dekat berencana membuka Posko, adapun tujuannya untuk menampung aspirasi warga karena terkadang kesibukan yang banyak sulit untuk bertemu langsung. Karena itu dibutuhkan perpanjangan tangan agar komunikasi dan Silaturahmi kita tidak putus dan tentu saja agar bisa menyerap aspirasi masyarakat lain, dan salah satu sarananya adalah melalui Posko”. ujar wanita yang berlatarbelakang pengusaha tersebut.

Disela-sela pertemuan Hj Yanti sempat mencicipi beberapa hidangan yang disajikan, yang merupakan hasil dari kebun dari para petani, berupa ubi jalar, kacang dan jagung. Akhir kegiatan dilakukan foto bersama, dan tentunya pertemuan tersebut tetap memperhatikan protokoler kesehatan dengan mencuci tangan dan memakai masker. Kedua pihak juga sepakat melakukan komunikasi lanjutan bersipat intens sebagai tindaklanjut pertemuan kali ini.***(RPC)




Pewarta :Didin Marican/Zainal Arifin
Editor : Didin Marican

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed