oleh

Dukungan Kepada Mbah Parto, Gantikan Almarhum Eko Suharjo Semakin Menguat

Dumai (Riauperistiwa.com) – Riauperistiwa dan Pantauriau bisa dikatakan Media yang pertama mengulas adanya aspirasi atau wacana menghendaki H. Soeparto Wiguno atau akrab disapa Mbah Parto melanjutkan cita-cita Almarhum Eko Suharjo. Ternyata aspirasi/wacana tersebut mendapatkan apresiasi luar biasa dari simpatisan dan pendukung Almarhum dan tidak terkecuali internal Partai Demokrat itu sendiri.

Dukungan untuk Mbah Parto mengalir terus tiada henti, menukil sebuah kalimat bijak “Ibarat sebuah bola salju yang terus-menerus mengelinding, semakin lama semakin membesar” Itulah perumpamaan tepat dilekatkan kepada Mbah Parto yang tidak lain dan tidak bukan adalah orang tua kandung Almarhum Eko Suharjo, Calon Walikota Dumai yang berpasangan dengan Syarifah kader Partai Golkar.

Pembuktian banyaknya dukungan terhadap Mbah Parto terlihat dari postingan video dan rekaman yang beredar di Facebook dan Group WhatsAap. Beberapa relawan dan simpatisan mendeklarasikan dukungan kepada Mbah Parto untuk meneruskan perjuangan Almarhum Eko Suharjo. Terlihat relawan yang menamakan dirinya Rumah Sahabat Eko-Syarifah, Komunitas Batak mengikrarkan dukungan kepada Mbah Parto.

Selain itu, dalam postingan Video beberapa pengurus Partai Demokrat mendatangi kediaman Mbah Parto dan menyerahkan dukungan seluruh PAC Partai Demokrat Kota Dumai agar Mbah Parto mendampingi Syarifah di Pilkada Dumai 2020. Terlihat dalam rekaman Video tersebut perwakilan Partai Demokrat diterima langsung oleh H. Suparto Wiguno atau Mbah Parto. Dalam kesempatan tersebut Mbah Parto ucapkan salam serta meminta maaf dan nyatakan bahwa beliau tidak pernah gila jabatan dan siap menerima amanah.

Kalimat pertama terucap “Mohon maaf dan minta izin dengan menyatakan bahwa saya tidak pernah gila jabatan dan ingin diberikan kesempatan untuk berbuat kebaikan terlebih dahulu. Menghormati dan menghargai keinginan semua pihak yang mendukung saya meneruskan cita-cita dan keinginan Almarhum menjadikan Dumai Gemilang”. ungkap Mbah Parto dalam postingan video tersebut.

Selanjutnya beliau melanjutkan “Ikhlas menerima amanah, demi kelangsungan dan segala sesuatu menjadi harapan Almarhum untuk Dumai Gemilang, menurut saya sebaik-baik manusia bermanfaat untuk kemaslahatan umat. Untuk menghormati dan menghargai keinginan semua pihak, seterusnya secara bersama-sama berkat doa dan harapan agar Allah meridhoi apa yang kita harapkan demi kemajuan Dumai Gemilang”. ungkap salah satu sesepuh Jawa di Kota Dumai, dalam postingan video yang beredar.

Terkait dukungan untuk H. Soeparto Wiguno atau Mbah Parto mendapat respon positip dari salah satu kader Partai Demokrat, Hendri yang menjabat sebagai Ketua Ranting Kelurahan Bintan kepada media ini Senin (30/11/2020). Setuju sekali karena Mbah Parto selama ini sebagai panutan dan dituakan di Partai Demokrat, terlebih beliau sebagai orang tua kandung dari Almarhum Pak Eko Suharjo.

“Sangat setuju, karena Mbah Parto sosok ideal mengantikan Almarhum Pak Eko untuk meneruskan cita-cita menjadikan Dumai Gemilang. Jika Mbah Parto bergandengan dengan Syarifah dalam Pilkada sekarang saya yakin banyak yang mendukung, karena Mbah Parto sosok dikenal banyak orang dan kedermawanan beliau tidak diragukan lagi, saya yakin duet mereka berdua akan sukses memimpin Dumai kedepan”. ungkap Hendri yang juga insan pers.

Sebagaimana diketahui Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo dan salah satu kontestan Calon Walikota Dumai pada Pilkada tahun 2020 meninggal Dunia beberapa hari lalu di RS Awal Bros Panam Pekan Baru. Eko Suharjo dinyatakan meninggal pada Rabu dinihari (25/11/2020) sekira Pukul 02.15 WIB. Mengacu UU Nomor 10 tahun 2015 tentang Pilkada pasal 54 ayat 7 dan 8, dan PKPU Nomor 1 Tahun 2020 pasal 79 ayat 2 huruf b bagi calon yang meninggal Dunia dalam waktu kurang dari 30 hari sebelum pemungutan suara maka tidak dilakukan penggantian calon.

Sosok Almarhum Eko Suharjo merupakan Wakil Walikota Dumai periode 2016-2021 sekaligus Ketua DPC Demokrat Kota Dumai, sebelum meninggal Eko Suharjo berpasangan dengan Syarifah kader Partai Golkar. Pasangan Eko-Ipah Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai tahun 2020 dengan nomor urut 02 didukung Koalisi tiga Partai Politik, yaitu Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Hanura, dengan total 9 (sembilan) kursi di DPRD Dumai.***(RPC)



Penulis : Zainal Arifin
Editor : Didin Marican

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed