oleh

Dinas Perpustakaan dan Arsip Adakan Halal Bihalal Sempena Mempererat Jalinan Silaturahmi

Riauperistiwa.com Dumai Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Dumai adakan acara Halal Bihalal bertempat di halaman belakang Perpustakaan dan ruangan Kepala Dinas Senin, (24/06/19). Halal Bilhalal di mulai dengan pembacaan susunan acara oleh protokol.

Selanjutnya pembacaan do’a oleh Al Ustad Azwar Zas yang juga Ketua FPI Kota Dumai, setelah itu lantunan ayat suci Al Qur’an Surah Al Muzadillah ayat 10 dibacakan oleh Fais.

Dalam kata – kata sambutanya Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Suryanto membuka dengan kalimat puitis selanjutnya beliau memaparkan  sejarah terjadinya Halal Bihalal yang bermula dijaman Adipati Arya Mangkunegara l atau terkenal dengan sebutan Pangeran Samber Nyawa.

Selanjutnya ketika Presiden Soekarno berkuasa dan situasi politik bergejolak maka beliau memanggil ulama bernama KH. Abdul Wahab Hasbulah untuk meminta saran.

Soekarno meminta saran dan Ulama karismatik itu menyuruh untuk mengundang seluruh tokoh – tokoh Nasional dan bertemu di Istana  Negara.

Pertemuan itu membahas situasi politik, sejak saat itu pertemuan yang baik dengan yang baik atau istilah terkini Halal Bihalal terus terjadi dan dilakukan oleh semua lapisan masyarakat dan menjadi tradisi secara Nasional.

Penghujung acara Al Mukarom Drs. Gamal Abdul Nasir memaknai Halal Bihalal dengan Silaturahmi dan saling memaafkan, dengan dibarengi sikap empati serta simpati.

Kita katanya” Harus selalu memberikan pertolongan terhadap saudara – saudara kita yang kurang mampu dan merajut tali persaudaraan.” lntinya Halal Bihalal mengandung nilai – nilai positif.

Acara diakhiri saling  berjabat tangan dan bermaafan, setelah itu menikmati hidangan yang di sediakan oleh Keluarga Besar Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Penulis : Zainal Arifin

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed