oleh

Dengan Penerapan Teknologi Digital BLU-e, UPT KIR Dishub Dumai Siap Beraksi Kembali

Dumai (Riauperistiwa.com) – Unit Pelayanan Terpadu (UPT) KlR pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai diketahui tidak melayani kegiatan sebagaimana mestinya lebih kurang 7 Bulan. Namun sekarang hal tersebut tidak berlaku lagi, tepatnya pada Kamis (11/02/2021) UPT KIR Dishub Dumai beroperasi kembali, dan siap melayani sopir atau pemilik kendaraan yang ingin mengurus serta memperpanjang KIR kendaraan mereka. Malahan untuk kedepannya KIR atau Uji Kendaraan mengunakan teknologi BLU-e (Bukti Lulus Uji-elektronik).

Beroperasinya kembali UPT KIR yang terletak di kawasan Tempat Khusus Parkir Jl. Soekarno Hatta Bagan Besar ditandai dengan acara peresmian, yang langsung dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Dumai, Asnar S.P, M.si. Pada kesempatan itu ia mengatakan, baru hari ini Dishub kota Dumai bisa menerapkan penggunaan teknologi KlR Digital, yaitu BLU-e, semua berkat dukungan banyak pihak ke pemerintah pusat. Tak lupa menyampaikan terimakasih untuk Kementerian Perhubungan yang sudah memberikan kepercayaan dalam penerapan teknologi tersebut.

“Mulai hari ini (Kamis 11/02/2020) Dishub Dumai melalui UPT KIR bisa menerapkan kembali pelayanannya, bahkan kali dengan teknologi BLU-e mengunakan sistim Digital. Tentunya ini semua berkat dukungan banyak pihak ke Pemerintah Pusat, terutama Kementerian Perhubungan yang telah memberikan kepercayaan kepada Dishub Kota Dumai dalam menerapkan teknologi terbaru tersebut yaitu BLU-e”. ungkapnya dalam kata sambutan.

Sementara itu, Ardono ATD, MT Kepala BPTD Wilayah IV, Riau-Kepri perwakilan Kementerian Perhubungan Pusat yang hadir saat acara peresmian tersebut dalam memberikan sambutan mengatakan “Digitalisasi data hasil uji KlR ini diharapkan dapat meminimalisasi praktek pemalsuan identitas kendaraan maupun hasil uji berkala yang kerap dilakukan pada kendaraan angkut. Dengan demikian kendaraan-kendaraan angkut yang Over Dimention Over Loading (ODOL) akan semakin terbatas ruang geraknya”, terang Ardono.

Sementara itu Pj. Walikota Dumai Jonli menyampaikan “”Dari sisi regulasi, telah diterbitkan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP.1743/AJ.502/DRJD/2020 tentang Pedoman Penerbitan Bukti Lulus Uji elektronik (BLU-e). Dengan terbitnya Perdirjen ini dapat menjadi pedoman bagi Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota untuk menerapkan BLU-e pada Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) masing-masing. Jelasnya lagi, sambil menunggu dikeluarkannya Peraturan Daerah (Perda) Kota Dumai tentang penerapan BLU-e di UPT KIR oleh Petugas UPUBKB, tidak ada beban biaya di kenakan kepada supir atau pelaku usaha transportasi”. ujarnya.

Disela-sela acara peresmian, Kepala UPT PKB Dishub Kota Dumai Effendi, A.Ma, P.K.B menjelaskan “Untuk persyaratan pembuatan KIR BLU-e tidak jauh beda dengan yang lama, hanya perlu melampirkan: foto copy STNK, Buku KlR lama, foto copy KlR lama dan foto kopy KTP, dan untuk sementara ini tidak dipunggut biaya, karena belum ada payung hukum, sampai nantinya diterbitkan Perda”. ungkap pria berperawakan kecil tersebut.

Pada peresmian tersebut, terpantau awak media hadir perwakilan dari Kejaksaan Negeri Dumai, Pengadilan Negeri, Polres Dumai, Kodim 0320 Dumai, serta DPRD Kota Dumai. Tidak ketingalan pengurus Organda, dan beberapa pelaku usaha Angkutan Darat, acara yang diselenggarakan di Kantor UPT KIR Bagan Besar berjalan lancar dan tertib, disamping itu tentunya tetap mengikuti prosedur Protokol Kesehatan Anti Covid-19. Semua yang hadir terlihat memakai masker, melakukan pengeceksn suhu tubuh, mrncuci tangan serta tetap menjaga jarak pastinya.***(RPC)



Pewarta : Zainal Arifin
Editor : Didin Marican

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed