oleh

BNNP Riau Musnahkan Sabu dari Sindikat Pengedar Antarprovinsi

Riauperistiwa.com Pekanbaru Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau, musnahkan sekitar 1 kilogram shabu yang merupakan barang bukti dari sindikat antar provinsi.

Riauterkini – PEKANBARU – Dipimpin langsung oleh Plt Kepala BNNP Riau, Haldun, BNNP Riau musnahkan 1 kilogram shabu, Selasa (29/01/19). Pemusnahan ini disaksikan 4 dari lima tersangka yang juga turut diringkus dalam operasi sebelumnya.

Dikatakan Haldun, 1 kilogram shabu ini merupakan barang bukti pengungkapan sindikat antar provinsi pada Jum’at (18/01/19) lalu. “Tersangka kita tangkap di dua lokasi yang berbeda, yakni di jalan Kereta Api, Marpoyan Damai dan di jalan Labersa, Bukit Raya Pekanbaru,” katanya.
Lanjutnya, dalam penangkapan ini, Haldun menemukan modus baru, dimana sindikat ini menggunakan anak di bawah umur yakni tujuh tahun untuk menyembunyikan barang haram tersebut. Untuk mengelabuhi petugas, barang haram itu disembunyikan di dalam baju anak tersebut.

“Kita menemukan modus baru dalam pengungkapan ini. Dimana barang bukti disembunyikan di dalam baju seorang anak yang baru berusia tujuh tahun,” terangnya.

Untuk tersangkanya sendiri yaitu BK, CP, NO, NI, dan SP. Dimana dua diantaranya berstatus suami istri.

Dirinci Haldun, pengungkapan ini berawal dari informasi masyarakat yang diterima petugas akan adanya transaksi narkoba. Mendapat informasi tersebut tim BNNP Riau bergegas untuk menindak lanjutinya.

Dari penyelidikan, diketahui transaksi ini dikendalikan dari dalam Lapas Kelas II A Pekanbaru oleh seorang napi berinisial RK. “Untuk asal barang haram ini berasal dari wilayah Dumai,” bebernya.

“Jika jumlahnya (Shabu, red) sedikit, maka akan diedarkan sendiri oleh sindikat ini. Sedangkan jika jumlahnya banyak maka akan kembali dikirim ke luar provinsi. Seperti ke wilayah Pelembang dan Padang. Untuk upahnya, tersangka di janjikan Rp 15 juta,” tuturnya.

Saat ini seluruh tersangka tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut di BNNP Riau. Sementara, kelimanya terancam hukuman sesuai dengan pasal 114 ayat 2 Jo pasal 122,112 ayat 2 dan 132 Jo 131.*(rul)

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed