oleh

5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Membeli Barang Yang Tidak Perlu

Riauperistiwa.com, – Tak sedikit orang yang mudah tergoda dengan barang-barang yang ditemuinya di toko atau pusat perbelanjaan, dan lalu membelinya meski tak diperlukan. Misalnya, membeli pakaian ketika satu toko memberlakukan diskon besar-besaran. Pada akhirnya, baju yang dibeli tersebut hanya menggantung di dalam lemari tanpa sering digunakan. Jika hal itu terjadi padamu, berarti kamu telah membeli barang yang salah.

Tapi, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menghentikan atau menjauhi diri dari kebiasaan membeli barang tidak perlu.

1. Beli hanya barang yang dibutuhkan Kalimat ini mungkin terdengar mudah, tapi sulit dilakukan.
Apalagi jika kamu termasuk orang yang sering membeli barang-barang hanya karena tampilannya yang lucu atau menarik. Hal ini mungkin bisa sering terjadi. Tapi, suka dengan sesuatu bukanlah alasan yang cukup untuk membeli barang tersebut. Sebab, berarti kamu tak membutuhkan barang tersebut. Lakukanlah hal yang sama ketika tergoda dengan barang lainnya.

2. Beli barang sesuai gaya hidup Barang-barang yang paling sering kita gunakan adalah barang yang cocok dengan gaya hidup kita.
Misalnya, kamu seseorang yang gemar bergaya kasual dengan sepatu kets dan kaus, apakah membeli sepatu hak tinggi sesuai dengan gaya hidupmu? Ingatlah bahwa tertarik dengan salah satu sepatu hak tinggi yang ada di etalase toko bukanlah alasan yang cukup bagi kamu untuk membeli barang tersebut. Lihatlah gaya hidupmu sehari-hari dengan realistis dan pastikan kamu membeli barang yang memang akan kamu gunakan.

3. Hindari barang yang menimbulkan ketidaknyamanan, mari jadikan sepatu hak tinggi sebagai contoh.
Ketika kamu merasa sulit berjalan gara-gara memakainya, tentu saja membeli sepatu hak tinggi bukanlah barang yang membuatmu nyaman. Barang apa pun yang menyebabkan sakit, gatal, risih, dan yang menimbulkan reaksi tidak nyaman lainnya, tidak layak untuk kamu beli.

4. Selalu mengingat isi lemari yang dimiliki Ketika hendak membeli pakaian, penting untuk selalu mengingat isi lemari pakaianmu di rumah.
Misalnya, saat kamu tergoda dengan aksesori cantik yang memiliki warna cerah dan membuat tampilanmu keluar. Meskipun aksesori tersebut nampak menawan, namun jika tak ada pakaian milikmu yang cocok dipadukan dengannya, maka barang itu akan tak berguna. Pastikan membeli barang yang sesuai dengan warna-warna pakaian yang sudah kamu miliki.

5. Jangan belanja saat bosan.
Sama seperti tips berbelanja makanan di supermarket, janganlah pergi ketika kamu lapar. Justru kamu harus menghindari kegiatan belanja ketika kamu hanya ingin membunuh waktu. Rasa bosan dan frustrasi seringkali menjadikan kita seseorang yang impulsif dan berpotensi membeli secara serampangan. Pada akhirnya, kita akan menyesal karena telah mengeluarkan banyak uang untuk sesuatu yang sebetulnya tidak diperlukan. Jadi, berbelanjalah hanya ketika kamu sudah membereskan lemari pakaianmu dan menyadari bahwa ada barang yang kamu butuhkan untuk digunakan.

Nabilla Tashandra / RP

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed