oleh

Bengkalis, Dumai, Rohil Siaga Karhutla, Kepala Daerah Paling Bertanggung Jawab

Riauperistiwa.com Bengkalis Wilayah penetapan status siaga darurat kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah Provinsi Riau diantaranya Kabupaten Bengkalis, Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Hampir tiga pekan lebih ini, Tim yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, diperbantu oleh perangkat kelurahan dan masyarakat saat ini terus bergerak guna memadamkan karhutla di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis tanpa ada Struktur Organisasi (SK) dikarenakan belum diteken oleh Kepala Daerah setempat.

Kepala Seksi Penyelamatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ir Roslin Lamtarida menyampaikan bahwa Bupati atau kepala daerah adalah orang pertama yang bertanggung jawab terhadap bencana alam di daerahnya.

“Riau saat ini penetapan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dan pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk segera meneken SK terkait penetapan status siaga ini,” ungkap Ir Roslin Lamtarida, Minggu 24 Februari 2019.

Masih kata Ir Roslin Lamtarida, belum ditekennya SK oleh Bupati Bengkalis dikarenakan masih dalam proses. Namun dia berharap agar struktur ini secepatnya terbentuk dan memiliki SK karena Bengkalis saat ini sudwh berstatus siaga karhutla.

“Informasi yang saya terima BPBD Bengkalis lagi ngejar bupatinya untuk segera diteken SK nya. Untuk di Pulau Rupat saat ini kita satu komandan satuan tugas (Dansatgas) di komandoi oleh camat setempat,” ujar Ir Roslin Lamtarida semberi menawarkan bila diperlukan boleh langsung menghubungi camat setempat.

Sementara itu, Ir Roslin Lamtarida mengatakan penunjukan camat selaku komando karhutla di Kecamatan Rupat itu tertuang dalam rapat bersama yang diselenggarakan, Sabtu 23 Februari 2019 malam. Lanjut Roslin Lamtarida, BNPB hanya bersifat mendampingi dalam penanggulangan bencana ini.

“Selama inikan pendampingan kurang aktif, maka kita hadir mendampingi dan kasih mereka pendampingan. Tadi malam kita juga sudah mengadakan rapat dan telah membentuk tim dengan satu komando,” pungkas Roslin Lamtarida seraya menambahkan hari ini dilakukan pendinginan di dua kelurahan yaitu Kelurahan Pergam dan Terkul, Kecamatan Rupat. (wra)

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed